Jakarta, 09 Desember 2024
Madrasah Aliyah YAPIS Al-Oesmaniyyah sosialisasikan pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Rahmatan Lil Alamin. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin (P5RA) merupakan kegiatan pendidikan yang bertujuan untuk membentuk karakter siswa yang berakar pada nilai-nilai Pancasila dan Islam Rahmatan Lil Alamin. Tema yang diusung dalam P5RA Madrasah pinggiran ini adalah kearifan lokal.
Kearifan lokal terkait pelaksanaan P5RA berlatar belakang bahwa Indonesia memiliki beragam makanan khas daerah yang mencerminkan kekayaan alam dan warisan budayanya. Keanekaragaman ini disebabkan oleh kondisi geografis Indonesia yang berbeda-beda di setiap daerahnya. Kondisi geografis ini memengaruhi hasil bumi di setiap daerah, sehingga menciptakan keunikan dan ciri khas pada setiap makanan.
Eksplorasi makanan khas daerah menjadi salah satu projek yang menarik untuk dilakukan sebagai aktivitas pembelajaran berbasis kearifan lokal untuk membentuk Profil Pelajar Pancasila. Projek ini bertujuan untuk mengangkat nilai-nilai kearifan lokal masyarakat Indonesia melalui makanan khas daerah yang dipercaya masyarakat lokal secara turun-temurun sebagai warisan budaya kuliner, yang dimasukkan dalam pengalaman belajar kontekstual bagi siswa, guru, dan masyarakat sekolah lainnya.
Projek penguatan Profil Pelajar Pancasila memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk “mengalami pengetahuan” sebagai proses penguatan karakter sekaligus kesempatan untuk belajar dari lingkungan sekitarnya. Dalam kegiatan projek ini, peserta didik memiliki kesempatan untuk mempelajari tema-tema atau isu penting seperti budaya, perubahan iklim, antiradikalisme, kesehatan mental, wirausaha, teknologi, kehidupan berdemokrasi, dan krisis keberlanjutan yang terjadi di lingkungan sekitarnya.
Projek penguatan Profil pelajar Pancasila menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis projek (project-based learning), yang berbeda dengan pembelajaran berbasis projek dalam program intrakurikuler di dalam kelas. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk belajar dalam situasi tidak formal, struktur belajar yang fleksibel, kegiatan belajar yang lebih interaktif, dan juga terlibat langsung dengan lingkungan sekitar untuk menguatkan berbagai kompetensi dalam Profil Pelajar Pancasila.
Oleh karenanya Madrasah Aliyah YAPIS Al-Oesmaniyyah perlu menggali kearifan lokal Betawi sebagai rumah pijakan, tempat madrasah ini beraktifitas. Penggalian kearifan lokal melalui masakan khas Betawi sejalan dengan program pendukung madrasah yaitu keahlian kulinier. Banyak macam masakan khas Betawi diantaranya, selendang mayang, asinan betawi, kue lopis, kue pancong, es campur Betawi, dan kue ape. Mudah-mudahan apa yang menjadi tujuan pembelajaran dari P5RA didapat dari pelaksanaan projek ini. (Humas MA YAPIS Al-Oesmaniyyah).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar