STRUKTUR KURIKULUM MADRASAH ALIYAH YAPIS AL-OESMANIYYAH PTDI
STRUKTUR KURIKULUM
MADRASAH ALIYAH YAPIS AL-OESMANIYYAH PTDI
TAHUN PELAJARAN 2020-2021
1. Kompetensi inti MA KELAS X-XII
KOMPETENSI INTI |
DESKRIPSI KOMPETENSI |
Sikap Spritual |
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya |
Sikap Sosial |
2.
Menghayati dan mengamalkan perilaku: a.
jujur, b.
disiplin, c.
santun, d.
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), e.
bertanggung jawab, f.
responsif,
dan g.
pro-aktif, Dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di
lingkungan, keluarga, madrasah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara,
kawasan regional, dan kawasan internasional. |
Pengetahuan |
3. Memahami, menerapkan, menganalisis dan
mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang a.
ilmu pengetahuan, b.
teknologi, c.
seni, d.
budaya, dan e.
humaniora Dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah |
Keterampilan
|
4.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara: a.
efektif, b.
kreatif, c.
produktif, d.
kritis, e.
mandiri, f.
kolaboratif, g.
komunikatif, dan h.
solutif, Dalam ranah konkret dan abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di madrasah, serta mampu menggunakan metoda sesuai
dengan kaidah keilmuan. |
Struktur Kurikulum MA YAPIS Al-Oesmaniyyah sebagai madrasah yang menerapkan Kurikulum 2013 yang terdiri atas mata pelajaran umum kelompok A, mata pelajaran umum kelompok
B, dan mata pelajaran peminatan akademik kelompok C. Mata pelajaran peminatan
akademik kelompok C dikelompokkan atas mata pelajaran Peminatan Matematika dan
Ilmu Pengetahuan Alam, mata pelajaran Peminatan Ilmu Pengetahuan Sosial, serta
lintas minat yang mengacu pada kedua kelompok peminatan tersebut.
Struktur kurikulum MA YAPIS Al-Oesmaniyyah meliputi substansi pembelajaran yang ditempuh
dalam satu jenjang pendidikan selama 3 (tiga) tahun mulai kelas X sampai dengan
XII. Struktur kurikulum disusun berdasarkan Standar
Kompetensi Lulusan (SKL) dan Kompetensi Inti (KI) , serta Kompetensi Dasar (KD)
yang sesuai untuk semua mata pelajaran.
Pengorganisasian kelas dibagi kedalam empat kelompok,
yaitu peminatan Matematika dan Ilmu Alam (MIPA), peminatan Ilmu-ilmu Sosial
(IPS), , serta lintas minat yang didasarkan pada hasil pemilihan angket minat
peserta didik, dan diorganisasikan oleh madrasah untuk
menyelaraskan dengan sumber daya pendidik yang dimiliki sehingga terjadi
keseimbangan antara permintaan dan ketersediaan sumber daya.
Struktur Kurikulum MA YAPIS Al-Oesmaniyyah, disajikan dalam tabel
sebagai berikut :
Tabel
Struktur Kurikulum MA YAPIS AL-Oesmaniyyah
Tahun Pelajaran 2020 - 2021
No. |
Mata Pelajaran |
Alokasi Waktu Per Minggu |
||
X |
XI |
XII |
||
|
Kelompok A (Umum) |
|
|
|
1. |
Pend. Agama Islam |
|
|
|
|
a. Al-Qur'an-Hadis |
2 |
2 |
2 |
|
b. Akidah Akhlak |
2 |
2 |
2 |
|
c. Fikih |
2 |
2 |
2 |
|
d. Sejarah Kebudayaan Islam |
2 |
2 |
2 |
2. |
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
2 |
2 |
2 |
3. |
Bahasa Indonesia |
4 |
4 |
4 |
4. |
Bahasa Arab |
2 |
2 |
2 |
5. |
Matematika |
4 |
4 |
4 |
6. |
Sejarah indonesia |
2 |
2 |
2 |
7. |
Bahasa Inggris |
3 |
3 |
3 |
|
Jumlah Kelompok A (Umum) |
24 |
24 |
24 |
|
Kelompok B (Umum) |
|
|
|
8. |
Seni Budaya |
2 |
2 |
2 |
9. |
Pendidikan Jasmani, Olah Raga dan Kesehatan |
2 |
2 |
2 |
10. |
Prakarya dan Kewirausahaan |
2 |
2 |
2 |
11. |
Mulok :
Tahfidz |
2 |
2 |
2 |
|
Jumlah Kelompok B (Umum) |
8 |
8 |
8 |
|
Jumlah jam pelajaran kelompok A dan B per
minggu |
32 |
32 |
32 |
|
Kelompok C (Peminatan) |
|
|
|
|
Mata pelajaran peminatan akademik |
12 |
16 |
16 |
|
Mata pelajaran pilihan lintas minat dan atau
pendalaman minat |
6 |
4 |
4 |
|
Jumlah Jam Pelajaran Kelompok A, B, dan C per minggu |
51 |
51 |
51 |
Keterangan:
1)
Mata pelajaran Kelompok A dan C merupakan kelompok mata pelajaran yang
muatan dan acuannya dikembangkan oleh pusat.
2)
Mata pelajaran Kelompok B merupakan kelompok mata pelajaran yang muatan dan
acuannya dikembangkan oleh pusat dan dapat dilengkapi dengan muatan/konten
lokal.
3)
Mata pelajaran Kelompok B dapat berupa mata pelajaran muatan lokal yang
berdiri sendiri.
4)
Muatan lokal memuat Tahfidz Al-Qur’an
5)
Satu jam pelajaran beban belajar tatap muka adalah 45 menit.
6)
Beban belajar penugasan terstruktur dan kegiatan mandiri, maksimal 60% dari
waktu kegiatan tatap muka mata pelajaran yang bersangkutan.
7)
Satuan pendidikan dapat menambah beban belajar per minggu sesuai dengan
kebutuhan belajar peserta didik dan/atau kebutuhan akademik, sosial, budaya, dan faktor lain yang
dianggap penting, namun yang diperhitungkan Pemerintah maksimal 2 (dua)
jam/minggu.
8)
Pada Mata Pelajaran Seni Budaya dan Mata Pelajaran Prakarya dan
Kewirausahaan, satuan pendidikan wajib menyelenggarakan minimal 2 aspek dari 4
aspek yang disediakan. Peserta didik mengikuti salah satu aspek yang disediakan
untuk setiap semester, aspek yang diikuti dapat diganti setiap semesternya.
9)
Kegiatan ekstrakurikuler terdiri atas Pendidikan Kepramukaan (wajib), Usaha
Kesehatan Sekolah (UKS), Palang Merah Remaja (PMR), dan lainnya sesuai dengan
kondisi dan potensi masing-masing satuan
pendidikan.
Mata pelajaran umum kelompok A merupakan program kurikuler yang bertujuan mengembangkan kompetensi sikap, kompetensi pengetahuan, dan kompetensi keterampilan peserta didik sebagai dasar penguatan kemampuan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
Mata pelajaran umum kelompok B merupakan program kurikuler yang bertujuan mengembangkan kompetensi sikap, kompetensi pengetahuan, dan kompetensi keterampilan peserta didik terkait lingkungan dalam bidang sosial, budaya, dan seni.