Post Page Advertisement [Top]

HumasProfil

RENCANA PENGEMBANGAN MADRASAH ALIYAH YAPIS AL-OESMANIYYAH JAKARTA RPJM 2021-2025

 


RENCANA PENGEMBANGAN MADRASAH (RPM)

MADRASAH ALIYAH AL YAPIS AL-OESMANIYYAH

 BAB I

PENDAHULUAN

 A.    LATAR BELAKANG

Berdasarkan Undang-Undang Sisdiknas Nomor 20 Tahun 2003 Bab 1 pasal (1) dinyatakan bahwa Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia , serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat bangsa dan negara.

Untuk itu perlu diupayakan Sistem Pendidikan Nasional yang menjamin peningkatan mutu pendidikan, peningkatan relavasi dan efisiensi manajemen pendidikan serta pemerataan pelayanan pendidikan.

Dengan iklim yang demikian diharapkan mampu melahirkan generasi  penerus pembangunan masa depan agama bangsa dan negara yang beriman, bertaqwa, kompeten, mandiri, rasional, kreatif dan siap menghadapi berbagai macam tantangan, dengan tetap tawakal kepada Allah SWT bahwa apa yang dihadapi, apa yang terjadi merupakan kehendak-Nya yang harus dihadapi dan disyukuri.

Berdasarkan kepentingan tersebut MA YAPIS AL-OESMANIYYAH sebagai salah satu lembaga pendidikan islam yang terkait langsung dengan sistem pendidikan nasional memandang perlu untuk melakukan perubahan kearah yang lebih baik akan program pendidikan secara terencana, terarah dan berkesinambungan sesuai dengan visi dan misi yang telah disepakati bersama.

Untuk itu maka kami menyusun dan merencanakan sebuah Rencana Pengembangan Madrasah ( RPM ) yang merupakan program peningkatan mutu pendidikan yang tertuang dalam rencana kerja jangka panjang, jangka menengah dan jangka pendek ( Tahunan ).

 

B.   DASAR HUKUM 

  1. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
  2. Peraturan Pemerintah Nomor 25 tahun 2000 tentang Program Pengembangan Pendidikan Nasional tahun 2000-2004
  3. Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan.
  4. Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 087/U/2002, Tanggal    19 April 2001 tentang Penyusunan Standar Peningkatan Mutu Pendidikan
  5. Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 087/U/2002, Tanggal    04 Juni 2002 Tentang Akreditasi Sekolah
  6. Surat Edaran Dirjen Pendidikan Islam No. SE.DJ.I/PP.00/05/ 2008 tentang Akreditasi Madrasah.
  7. Peraturan Menteri Agama Nomor  60 Tahun 2015 atas Perubahan PMA Nomor 90 Tahun 2013 Tentang Penyelengaaraan Pendidikan Madrasah.
  8. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 tahun 2013 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 1520 tentang Standar Pelayanan Minimal Pendidikan Dasar di Kabupaten/Kota.

 

C.   C. MAKSUD DAN TUJUAN 

Maksud penyusunan Rencana Pengembangan Madrasah ( RPM ) adalah :

  1. ·         Menjamin agar tujuan sekolah yang telah ditetapkan dapat dicapai dengan tingkat kepastian yang tinggi dan resiko yang kecil.
  2. ·         Mendukung koordinasi antar pelaku sekolah.
  3. ·         Menjamin terciptanya integrasi, sinkronisasi, dan sinergi baik antar pelaku sekolah, antarsekolah dan Kantor Kemenag kabupaten/kota, dan antarwaktu.
  4. ·         Menjamin keterkaitan dan konsistensi antara perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, dan pengawasan.

·         Mengoptimalkan partisipasi warga sekolah dan masyarakat.

·         Menjamin tercapainya penggunaan sumber-daya secara efisien, efektif, berkeadilan dan berkelanjutan.

·         Memberikan gambaran yang jelas tentang hasil-hasil yang telah dicapai, program-program yang akan dilaksanakan serta masalah-masalah yang dihadapi sekolah untuk jangka waktu 8 tahun (jangka panjang), 4 tahun (jangka menengah) dan tahun pelajaran 2021-2022 (jangka pendek).

·         Sebagai pedoman kerja bagi semua personil sekolah dalam melaksanakan tugas mengajar dan  mengelola kegiatan pada tahun pelajaran 2021 - 2022.

 

Tujuan program kerja ini :

·                 Memberikan landasan dan arah yang jelas dalam melaksanakan tugas selama kegiatan pendidikan berlangsung.

·                 Sebagai alat kontrol pelaksanaan kegiatan sekolah.

·                 Sebagai tolak ukur dalam menilai hasil kerja.

·                 Sebagai sumber data dan informasi bagi penentuan kebijakan dan keputusan pimpinan. 

 

D.  D. RUANG LINGKUP PROGRAM 

Ruang lingkup program kerja ini meliputi :

a.   Program kerja jangka panjang ( 8 tahunan )

b.   Program kerja jangka menengah ( 4 tahunan )

c.    Progra kerja jangka pendek ( 1 tahunan ) 

 

E.   E. SASARAN PROGRAM 

Sasaran program kerja ini adalah untuk  memperlancar kegiatan Madrasah yang meliputi ke tiga program kerja tersebut. 

 

BAB II

PROFIL MADRASAH 

 

A.       A. PENDAHULUAN 

Pendidikan di dalam islam adalah untuk menjadikan manusia sebagai makhluk yang menjalankan fungsi dan misinya  yaitu sebagai  ’abid dan khalifah. Abid berarti manusia yang berima dan bertaqwa. Khalifah berarti manusia yang memberi manfaat dan mashlahat melalui amar ma’ruf nahi mungkar, amal sholih, infaq, shodaqoh, ta’lim, menegakkan keadilan, kesejahteraan, keamanan dan  kedamaian dibawah naungan dan ridho Allah SWT.

 

Madrasah adalah sekolah yang diselenggarakan berdasarkan konsep ”one for all”. Artinya dalam satu atap sekolah siswa memperoleh pendidikan umum, pendidikan agama dan pendidikan keterampilan. Pendidikan umum mengacu pada kurikulum nasional, pendidikan agama menekankan pada pendidikan aqidah, akhlak dan ibadah yang dikaitkan dalam kehidupan sehari-hari, menciptakan lingkungan yang baik (biah sholihah) di dalam lingkungan sekolah dan mewujudkan suri tauladan (qudwah hasanah) oleh seluruh guru dan pegawai sekolah. Sedangkan pendidikan keterampilan dikemas dalam kegiatan ekstra-kurikuler yang menyediakan beragam pilihan kegiatan yang seluruhnya mengacu kepada prinsip-prinsip keterampilan hidup (life skill).

 

Madrasah Aliyah YAPIS Al-Oesmaniyyah Jakarta yang berdiri sejak tahun pelajaran 1984 adalah sekolah yang menerapkan pendekatan penyelenggaraan proses belajar dengan memadukan pendidikan umum,  pendidikan agama dan pendekatan  Pesantren Modern  menjadi satu jalinan kurikulum. Dengan pendekatan ini semua mata pelajaran dan semua kegiatan sekolah tidak lepas dari bingkai ajaran dan nilai-nilai keislamanMadrasah  juga menekankan keterpaduan dalam metode pembelajaran. 

 

B. PROFIL MADRASAH

Nama Madrasah                      : MA YAPIS AL-OESMANIYYAH

NSM                                       : 131231720004

NPSN                                      : 20177975

Alamat                                    : Kel. Tanjung Priok

Jalan                                        : Jl. Tawes No. 21-22

Kecamatan                              : Tanjung Priok

Kabupaten                               : Jakarta Utara

Provinsi                                   : DKI Jakarta

Telp/HP                                   : 021-43904728 / 081310082647

Nama Kepala Madrasah         : Drs. Muslimin

Jumlah murid                          : 183 orang

Jumlah Rombel                       : 6 Rombel

Jumlah Guru                           : 22 0rang                 

 

C.                 Visi   MA YAPIS  Al-Oesmaniyyah Jakarta 

Berdasarkan analisis konteks MA YAPIS Al-Oesmaniyyah, maka Madrasah merumuskan Visi  yang terangkum dalam kalimat yang singkat padat dan bermakna yaitu:  Menjadikan Siswa dan Siswi Madrasah Aliyah Yapis Al-Oesmaniyyah Teladan Dalam Berakhlaq, Santun Dalam Bertutur, Unggul Dalam Prestasi.

 

D.                Misi   MA YAPIS  Al-Oesmaniyyah Jakarta 

  1. Terbentuknya kepribadian peserta didik yang berlandaskan pada nilai-nilai aqidah Islam.
  2. Terbentuknya kebersamaan,  kekeluargaan dan kesederhanaan sebagai penerapan nilai-nilai Islam.
  3. Terbentuknya kesadaran peserta didik akan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  4. Terbentuknya  sarana dan prasarana yang memadai sebagai pengembangan potensi siswa menuju prestasi yang optimal.
  5. Terbentuknya kesadaran atas potensi peserta didik sehingga dapat menumbuhkembangkan bakat untuk menghasilkan prestasi baik tingkat lokal maupun nasional. 

 

E.     Tujuan  MA YAPIS  Al-Oesmaniyyah Jakarta 

Sesuai dengan tujuan madrasah menengah, secara umum MA YAPIS AL-Oesmaniyyah  Jakarta menetapkan tujuan umum yaitu meningkatkan keunggulan  potensi dan prestasi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Tujuan Khusus

1)             Mewujudkan mutu  lulusan MA YAPIS  Al-Oesmaniyyah sesuai Standar Kompetensi Lulusan (SKL) yang meliputi dimensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan sebagaimana terurai pada tabel di berikut:

No.

Standar Nasional

Target Kompetensi Satuan Pendidikan

Sumber

Daya Utama

A.     

SIKAP (SPIRITUAL DAN SOSIAL)

 

Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap: 

1)      beriman  dan bertakwa kepada Tuhan YME, 

2)      berkarakter, jujur, dan peduli,

3)      bertanggungjawab,

4)      pembelajar sejati sepanjang hayat, dan

 

5)      sehat jasmani dan rohani sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan keluarga, madrasah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan internasional.

Setiap peserta didik berkompeten dalam:

1)      Menghayati nilai-nilai toleransi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

2)      Mengamalkan agama  dalam kehidupan sehari-hari

3)      Lebih dengan kitab suci sebagai pedoman hidup.

4)      Menerapkan nilai-nilai jujur, peduli, tanggung jawab dalam kehidupan sehari di madrasah.

5)      Menjalankan peran peserta didik sebagai insan pembelajar

6)      Bersikap hidup sehat

7)      Menghayati dan mengamalkan siap peduli lingkungan

8)      Menjalakan aktivitas untuk meraih kemuliaan kehidupan dunia dan akhirat.

Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang agamis, berkarakter, sehat, pembelajar, dan berperan menjadi teladaan.

B.      

PENGETAHUAN

 

Memiliki pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks berkenaan dengan: 

1. ilmu pengetahuan,

2. teknologi, 

3. seni, 

4. budaya, dan 

5. humaniora.

 Mampu mengaitkan pengetahuan di atas dalam konteks diri sendiri, keluarga, madrasah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, serta kawasan regional dan internasional

Menguasai pengetahuan faktual, koseptual, prosedural, dan meta- kognitif berkaitan:

1.      ilmu pengetahuan,

2.      teknologi, 

3.      seni, 

4.      budaya, dan 

5.      humaniora.

serta peserta didik mampu mengaitkan semua itu pada konteks kehidupan di sekitarnya.

 

 

·         Guru menguasai pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif yang menjadi muatan kurikulum untuk ditransfer kepada peserta didik melalui pembelajaran.

·         Madrasah berdaya dalam memfasilitasi peserta didik menggunakan sumber dan media belajar yang sesuai dengan yang peserta didik butuhkan.

 

C.     

KETERAMPILAN

 

Memiliki keterampilan berpikir dan bertindak:

1.      efektif,

2.      kreatif,

3.      produktif, 

4.      kritis, 

5.      mandiri, 

6.      kolaboratif, 

7.      komunikatif, dan

8.      solutif,

melalui pendekatan ilmiah    sebagai pengembangan dari yang dipelajari di satuan pendidikan dan sumber lain secara mandiri.

Peserta didik terampil berpikir

1.      ilmiah

2.      kritis

3.      efektif

4.      kreatif

5.      mandiri

6.      Produktf

7.      Kolaboratif

Peserta didik terampil bertindak

1.      Mendayagunakan teknologi.

2.      Berkomunikasi Berkolaborasi

3.      Memimpin

4.      Membuat keputusan

Guru terampil merumuskan kompetensi tentang penguasaan dan penerapan ilmu pengetahuan.

Satuan pendidikan memfasilitasi peserta didik mengembangkan keterampilan bertindak.

 

 

 

F.                  PROGRAM UNGGULAN: 

  1. Pengembangan Karakter meliputi,  praktik agama (Sholat Berjama’ah, Sholat Dhuha, Pelaksanaan Qurban, Tadarus, BTA dan Kultum, Hafalan 3 juz, Muazin) dengan melibatkan lingkungan masyarakat sebagai pusat belajar.
  2. Merintis pembelajaran berbasis literasi
  3. Pengembangan program kecakapan hidup (life skill), diantaranya Ketrampilan Administrasi Perkantoran (AP), Ketrampilan Teknik Jaringan Komputer (TKJ), Ketrampilan Teknik Perbengkelan Motor (TPM), Ketrampilan Kewirausahaan Kuliner ( KWU-Kuliner), dan Ketrampilan Kewirausahaan Tibun Nabawi (KWU-TW).

 

G.                Sekilas Madrasah Aliyah YAPIS AL-Oesmaniyyah 

Madrasah Aliyah YAPIS Al-Oesmaniyah merupakan lembaga pendidikan formal setara dengan Sekolah Menengah Atas, berada di bawah naungan Yayasan Pesantren Islam (YAPIS) Al-Oesmaniyah yang didirikan oleh Almarhum Prof. Oesmani Al-Hamidy, M.A. Merlalui Madrasah Aliyah YAPIS Al-Oesmaniyah beliau berusaha menjawab tantangan zaman, dengan mengembangkan pendidikan yang memadukan kecerdasan spiritual, kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosional yang berbasis kepada kurikulum Kementrian Agama, Kementrian Pendidikan dan kepesantrenan.

Pengelola Madrasah Aliyah YAPIS Al-Oesmaniyah sebagai generasi penerus dari pendiri selalu berusaha mewujudkan cita-cita luhur yang telah dicetuskan oleh pendiri madrasah ini. Pengelola madrasah secara kontinue dan konsisten memegang teguh dari garis-garis besar yang telah ditetapkan oleh pendiri. Berpegang pada garis-garis besar tersebut pengelola madrasah mengedepankan model pembelajaran yang menggabungkan semua aspek kecerdasan manusia

 

H.                TUJUAN MADRASAH 

Visi dan Misi merupakan proyeksi jangka panjang yang masih perlu diuraikan menjadi beberapa bentuk kegiatan yang memiliki tujuan yang lebih jelas dan lebih detil. Berikut ini tujuan-tujuan Madrasah yang merupakan penjabaran  dari visi dan misi di atas.

1.    Membantu pemerintah dalam usaha mencerdaskan bangsa.

2.    Memenuhi kebutuhan masyarakat akan pendidikan yang islami dan berkualitas.

3.    Menghantarkan siswa menjadi kader-kader da’wah dan pemimpin perubahan.

4.    Menghantarkan siswa menjadi manusia yang bertaqwa, berakhlak mulia, cerdas dan memiliki keterampilan yang memberi manfaat dan maslahat bagi umat manusia, dengan rincian karakter (muwashofat) sebagai berikut:

a.       Aqidah yang Bersih (Salimul Aqidah)

Meyakini Allah Swt sebagai Pencipta, Pemilik, Pemelihara dan Penguasa alam semesta dan menjauhkan diri dari segala fikiran, sikap dan perilaku bid’ah, khurafat dan syirik.

b.       Ibadah yang Benar (Shahihul Ibadah)

Terbiasa dan gemar melaksanakan ibadah yang meliputi: sholat, shaum (puasa), tilawah (membaca) al Qur’an, dzikr dan do’a sesuai petunjuk Al Qur’an dan As-Sunnah.

c.        Pribadi yang matang (Matinul Khuluq)

Menampilkan perilaku yang santun, tertib dan disiplin, peduli terhadap sesama dan lingkungan serta sabar, ikhlas, ulet dan pemberani dalam menghadapi permasalahan hidup sehari-hari.

d.       Mandiri (Qadirun Alal Kasbi)

Mandiri dalam memenuhi segala keperluan hidupnya dan memiliki bekal yang cukup dalam pengetahuan, kecakapan dan keterampilan dalam usaha memenuhi kebutuhan nafkahnya.

e.       Cerdas dan Berpengetahuan (Mutsaqqaful Fikri)

Memiliki kemampuan berfikir yang kritis, logis, sistematis dan kreatif yang menjadikan dirinya berpengetahuan luas dan menguasai bahan ajar dengan sebaik-baiknya, cermat serta cerdik dalam mengatasi segala problem yang dihadapi.

f.        Sehat dan Kuat (Qawiyul Jismi)

Memiliki badan dan jiwa yang sehat dan bugar, stamina dan daya tahan tubuh yang kuat, serta keterampilan beladiri yang cukup untuk menjaga diri dari kejahatan pihak lain.

g.        Bersungguh-sungguh dan Disiplin (Mujahidun Linafsihi)

Memiliki kesungguhan dan motivasi yang tinggi dalam memperbaiki diri dan lingkungnnya yang ditunjukkan dengan etos dan kedisiplinan kerja yang baik.

h.       Tertib dan cermat (Munazhzhom Fi Syu’unihi)

Tertib dalam menata segala pekerjaan, tugas dan kewajiban, berani dalam mengambil resiko namun tetap cermat dan penuh perhitungan dalam melangkah. 

i.         Efisien (Harisun ‘Ala waqtihi)

Selalu memanfaatkan waktu dengan pekerjaan yang bermanfaat, mampu mengatur jadwal kegiatan sesuai dengan skala prioritas.

j.        Bermanfaat (Nafiun Lighoirihi)

Peduli kepada sesama dan memiliki kepekaan dan keterampilan untuk membantu orang lain yang memerlukan pertolongan. 

 

I.                    SASARAN MUTU

1.    Terpenuhinya 10 (sepuluh) karakter pribadi Muslim :

                   a.    Beraqidah bersih, Lurus ( Salimul ‘Aqidah ).

                   b.    Beribadah dengan benar ( Shohihul Ibadah ).

                   c.    Berkepribadian Matang ( Matiinul Khuluq ).

                   d.    Mandiri ( Qadirun ’alal Kasbi ).

                   e.    Cerdas dan berpengetahuan ( Mutsaqqoful Fikriy ).

                   f.    Sehat dan Kuat ( Qowiyyul Jismi ).

                   g.    Disiplin dan Sungguh-sungguh ( Mujahidun Linafsihi ).

                   h.    Tertib dan cermat ( Munazhomun fi Syu’unihi ).

                   i.    Efisien ( Haritsun ’ala Waqtihi ).

                   j.    Bermanfaat ( Nafi’un Lighoirihi ).


2.    Mencapai nilai akademik minimal 85 pada mata pelajaran utama (Kelompok Pendidikan Agama Islam, Matematika, Kelompok IPA, Kelompok IPS, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Bahasa Arab ).

3.    Mencapai hafalan 3 Juz Al-Qur’an dengan fasih dan lancar.

4.    Lulus Ujian Akhir Madrasah 100 %.

5.    Mampu berkomunikasi dengan Bahasa Inggris dan Bahasa Arab dengan baik.

6.    Mampu mengoperasikan Microsoft Office dan Internet.

7.    Siswa memiliki Life Skill/keterampilan.

8.    Lolos Masuk PTN/PTKIN/Perguruan Tinggi Kedinasan Minimal 85%. 

 

J.                   PROGRAM KERJA

1.    Menyelenggarakan Kegiatan Belajar Mengajar, dengan basis kurikulum Madrasah Aliyah YAPIS Al-Oesmaniyyah, Kurikulum Pesantren, Pramuka dan Life Skill/keterampilan.

2.    Menyelenggarakan Kegiatan Belajar Mengajar dengan basis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

3.    Menyelenggarakaan pembinaan tahfidz.

4.    Menyelenggarakan pembinaan pembiasaan ibadah ( Sholat berjama’ah, Sholat dan Puasa Sunnah, dll ).

5.    Menyelenggarakan pembinaan Ruhiyah dan Jasadiyah (Halaqoh/mentoring).

6.    Menyelenggarakan Ekskul wajib English Conversation dan Muhadoroh, Silat.

7.    Menyelenggarakan kegiatan pengembangan diri ( ekskul pilihan ).

8.    Menyelenggarakan diklat/kursus-kursus Bahasa Inggris dan Arab bagi guru dan pegawai.

9.    Menyelenggarakan Pelatihan-pelatihan guru dan pegawai untuk meningkatkan kompetensinya.

10. Menyelenggarakan Studi Banding.

11. Menyelenggarakan fasilitas/media informasi seperti Koran, majalah, TV dan Internet.

  

K.                KURIKULUM

 

KOMPONEN KURIKULUM

a)   Kurikulum Madrasah Aliyah YAPIS Al-Oesmaniyyah.

b)   Kurikulum Pesantren.

Ø  Pokok-pokok ajaran Islam ; Aqidah, ibadah, Akhlaq, Fiqih, Siroh/Tarikh, Al-qur;an,  Hadits dan Tsaqofah.

Ø  Al-Qur’an ; Tahsin dan Tahfidz.

Ø  Bahasa Arab.

c)    Kurikulum Kepramukaan dan Mentoring; Ruhiyah, Jasadiyah, Fanniyah, Tsaqofiyah, Qiyadah wal Jundiyah (Kepemimpinan) dan Ukhuwwah.

d)   Kurikulum Keterampilan ; Beladiri, Jurnalistik, Marawis, Kaligrafi, Olahraga Prestasi, Administrasi Perkantoran , Teknik Jaringan Komputer dan Desain Grafis, Teknik Perbengkelan Motor, Kewirausahaan Kuliner, Kewirausahaan Tibun Nabawi, dll..

 

 

L.                 EKSTRAKURIKULER

a.   Ekstrakurikuler Wajib, yang meliputi;

1.    Mentoring/Bimbingan Keislaman.

2.    Kepramukaan/Kepanduan

3. Komunitas Pidato (Kompit)

 

b.   Ekstrakurikuler Pilihan, yang meliputi;

1.    Silat Tapak Suci                  

2.    Marawis/Hadroh 

3.    PMR     

4.    Paskibra

5.    Kaligrafi

6.    Futsal/Sepak Bola

8.    KIR

9.    Olahraga

 

 

 

 

O.   KEADAAN SARANA

M.              SARANA DAN PRASARANA

No.

Jenis Fasilitas

Jumlah

Luas (m²)

1.

Ruang Kelas

6

300 M2

2.

Laboratorium Kimia

1

20 M2

3.

Laboratorium Biologi

1

20 M2

4.

Laboratorium Fisika

1

20 M2

5.

Laboratorium Bahasa

1

25 M2

6.

Laboratorium Komputer

1

25 M2

7.

Perpustakaan

1

25 M2

8.

Ruang Kepala Madrasah

1

16 M2

9.

Ruang Pendidik

1

20 M2

10.

Ruang Tata Usaha

1

20 M2

11.

Mesjid

1

300 M2

12.

Gudang

1

20 M2

13.

Ruang OSIS

1

15 M2

14.

Ruang UKS

1

15 M2

15.

KM/WC

4

40 M2

16.

Pos Jaga

1

8 M2

 

 

N.                PROFILE TENAGA PENDIDIK

No.

Nama

Mata Pelajaran

Pendidikan Terakhir

Status Kepegawaian

1.

Drs. Muslimin

PKn

S1

PNS

2.

Basuki, S.Si  

Matematika

S1

PNS

3.

Ali Helmi, ST

Fisika

S1

PNS

4.

Warno, S.Pd

Sosiologi

S1

PNS

5.

Yayat Rohayati, S.Pd

Matematika

S1

GTT

6.

Achmad, S.Pd.I

Fiqih, SKI

S1

PNS

7.

Firman Santoso, S.E, M.Pd.I

Ekonomi, Kepesantrenan

S2

GTT

8.

Erna Noor Arini, S.si

Biologi

S1

PNS

9.

Esty Titi Astini,S.Pd

Kimia

S1

GTY

10.

Yusuf, S.Ag, M.Ag

Sejarah

S2

PNS

11.

Tuti Anjari, S.Ag

Qur’an Hadits

S1

PNS

12.

Muhamad Ali, S.Ag

Bahasa Indonesia

S1

GTT

13.

Sugianto, S.Pd.I

Aqidah Akhlaq

S1

PNS

14.

Fara Dibah, S.Pd

B. Inggris

S1

GTY

15.

Drs. Yono Subagyo

Bahasa Indonesia

S1

GTT

16.

Qudsi, M.Pd

Muhadhoroh

S2

PNS

17.

Parmin, S.Pd.I

Seni Budaya

S1

GTY

18.

Imam Faqih, S.Pd.I

Penjaskes

S1

PNS

19.

Abdul Halim, S.Pd.I

Kewirausahaan

S1

GTY

20.

Muhammad Iqbal Taufiqi, S.Pd

Bahasa Arab

S1

GTT

21.

Abdul Rouf Ar Faruq, S.Pd.

Geografi

S1

GTT

22.

Zaki Albantani, S.T

Prakarya/Kepanduan

S1

GTT

23.

Widya Astuti, S.Sos

Ekonomi

S1

GTT

 

 

O.                PROFILE TENAGA KEPENDIDIKAN

No.

Nama

Tugas

Status Kepegawaian

1.

Drs. Muslimin

Kepala Madrasah

PNS

2.

Basuki, Ssi  

Wakil Kurikulum

PNS

3.

Ali Helmi, S.T

Wakil Kesiswaan

PNS

4.

Warno, S.Pd

Wakil SarPras

PNS

5.

Yayat Rohayati, S.Pd

Bendahara

GTT

6.

Sondang Nauli

Kepala TU

PTT

7.

Imam Faqih, S.Pd.I

Staff  TU

PTT

8.

Ahmad Zaki Al Bantani, S.T

Teknisi/Proktor

PTT

8.

Heri Purwanda

Pustakawan

PTT

9.

Ahmad Sanjaya

Penjaga Madrasah

PTT

10

Agung Wibowo

Bagian Kebersihan

PTT

  

BAB III

PROGRAM JANGKA PANJANG

 

PROGRAM JANGKA PANJANG MA YAPIS AL-OESMANIYYAH ( 8 TAHUN )

Prioritas program kegiatan jangka panjang tahun 2020 - 2028 dititikberatkan pada peningkatan mutu, meliputi :

  1. Menyusun strategi pelaksanaan pengembangan profesionalitas  guru dan pegawai  melalui Training, diklat, seminar dan sebagainya.
  2. Melengkapi dokumen kurikulum  Madrasah Aliyah YAPIS Al-Oesmaniyyah  dengan Kurikulum 2013 dan kurikulum Pesantren.
  3. Menyelenggarakan sekolah yang berstandar Nasional.
  4. Mempersiapkan dan melaksanakan kurikulum MA YAPIS Al-Oesmaniyyah secara lengkap dan menyeluruh.
  5. Meningkatkan kompetensi dan profesionalisme guru.
  6. Mengembangkan model pembelajaran berbasis Teknologi Informasi.
  7. Merencanakan dan melaksanakan Ujian Madrasah dan dapat mengatasi permasalahan yang timbul pada tahap proses kelulusan.
  8. Mengidentifikasi implikasi pelaksanaan kurikulum berbasis kompetensi terhadap manajemen sekolah.
  9. Mengembangkan sistem evaluasi terhadap pelaksanaan manajemen sekolah dan melakukan evaluasi diri.
  10. Mengembangkan budaya sekolah yang kondusif dan mengembangkan metode mengajar dan metode belajar siswa serta mengembangkan hubungan yang sinergis dengan masyarakat.
  11. Pengembangan program inovasi dan kreativitas guru dan siswa.
  12. Mengembangkan administrasi sekolah berbasis Teknologi Informasi melalui komputerisasi data dan jaringan internet.
  13. Melengkapi sarana dan prasarana belajar sesuai perkembangan zaman. 

  

BAB IV

PROGRAM JANGKA MENENGAH

 PROGRAM JANGKA MENENGAH MA YAPIS AL-OESMANIYYAH ( 4 TAHUN )


No

Jenis

Program

Uraian

Program

Strategi

1.

Kurikulum dan Pembelajaran

·   Pengembangan Kurikululm nasional dan mengadopsi kurikulum Nasional dengan Keunggulan Kearifan Lokal.

 

 

·   ·Peningkatan mutu proses pembelajaran

1.   Memberdayakan fungsi litbang
2.   Mengadakan workshop
3.   Mengadakan study banding
4.   Merevitalisasi internet
1.   Mengadakan IN House Training (IHT)
2.   Merevitalisasi MGMP dan MGP
3.   Melaksanakan clasroom reform
4.   Retorientasi pembelajaran
5.   Melaksanakan penelitian tindakan kelas
6.   Mengadakan supervisi kelas

7.   Melengkapi media, sumber alat dan ajar

2.

Kesiswaan

·     Organisasi kesiswaan

 

 

 

 

 

·       Kegiatan wawasan wiyatamandala

 

 

 

 

 

·     Latihan kepemimpinan

 

 

·     Ekstrakulikuler

1.   Meningkatkan organisasi yang berorientasi pada iptek dan imtak

2.   mengadakan hubungan kerjasama dengan organisasi serupa di dalam dan luar negeri

3.   meningkatkan peran serta dan inisiatif para siswa untuk menjaga dan membina sekolah sebagai wawasan wiyatamandala

4.   mengadakan IHT kepemimpinan siswa

5.   Mengadakan studi banding ke organisasi SISWA lain yang sudah mapan

6.   Memiliki jumlah dan mutu ekstrakulikuler yang memadai

7.   Mendirikan kelompok ilmiah remaja

8.   mengadakan lomba K7 tiap tahun

9.   Meningkatkan interaksi yang harmonis antara semua warga sekolah dengan lingkungan

 

 

3.

Ketenagaan

Peningkatan profesionalisme guru dan karyawan

1.   Pembinaan secara rutin
2.   Mengadakan WorkShop
3.   Mengadakan IHT
4.   Mengikutsertakan guru dan staf  TU ke penataran, pelatihan, seminar, dan MGMP/MGP
5.   Melengkapi referensi sesuai dengan kebutuhan

6.   supervisi internal secara berkala

4.

Sarana prasarana

·         Pengadaan sumber, media, alat pembelajaran sesuai SPM

·      Membangun lab bahasa, lab. Biologi, lab. Kimia dan fisika

·      Membangun gedung olah raga dan kesenian

·                  Menata taman belajar

·            Memperluas jaringan internet

1.   Menginventarisasi sarana dan prasarana yang ada

2.   merencanakan pengadaan pemeliharaan dan rehabilitasi sapras

3.   mengadakan pemeliharaan, rehabilitasi dan pengadaan sapras

5.

Manajemen

·     Melaksanakan School reform and classroom reform

·     Melaksanakan action reseacrh

·     Mengadakan supervisi internal

1.   Menyusun program perencanaan

2.   pengorganisasian staf

3.   Pengadminstrasian

4.   Pelaksanaan kegiatan

5.   Evaluasi kegiatan

6.

Hubungan Masyarakat/Kedinasan

·     Pertemuan komite sekolah ;  Rapat berkala, Rapat khusus.

·     Hubungan kerjasama  dengan ; KEMENAG, DINAS PENDIDIKAN  dan instasi terkait.

1.   Pertemuan rutin dan berkala dengan komite sekolah

2.   Mengikuti Rapat dengan KKM, KEMENAG DAN DINAS PENDIDIKAN

3.   Mengadakan dan memperbaharui MOU dengan rekanan

4.   Mengevaluasi hasil kerja.

  

BAB V

PROGRAM KERJA TAHUNAN

TAHUN PELAJARAN 2021 - 2022

 

A. URAIAN PROGRAM KERJA

 

         Program Kerja Tahunan ini berisi uraian program kerja yang berisi seluruh kegiatan madrasah yang direncanakan dan diprogramkan dalam tahun pelajaran 2021 - 2022. Uraian program kerja tahunan ini merupakan penjabaran dari usaha pencapaian visi,misi dan tujuan sekolah.

         Program Kerja Tahunan MA YAPIS Al-Oesmaniyyah tahun pelajaran 2021 - 2022 ini adalah sebagai berikut :

I

UMUM

1

Kegiatan 7K

II

ORGANISASI

1

Menyusun Struktur Organisasi

2

Pembagian Tugas Mengajar

3

Menyusun Kepanitiaan :

1. PSB

2. PTS

3. PAS

4. PAT

5.   5. Outing Class

 

PH 6. PHBI/PHBN

7. Mukhoyam Tarbawi/Out Bond

8. Training Motivasi

III

ADMINISTRASI

1

Mengup-date Data Kepegawaian

2

Mengup-date Data Kesiswaan

3

Mengup-date Data Inventaris Sekolah

4

Mengelola Administrasi Sekolah

5

Menyusun Laporan Bulanan

6

Menyusun Laporan Semester

7

Menyusun Laporan Tahunan

IV

KEPEGAWAIAN

1

Menginventarisir Kebutuhan Guru

2

Mengajukan Kebutuhan Guru

3

Mengajukan Rumusan SKB

4

Supervisi

V

KEUANGAN

1

Menyusun RAPBS

2

Menyusun Laporan Keuangan BOS

3

Menyusun Pengajuan BOS

VI

RUMAH TANGGA SEKOLAH

1

Mengelola Kebutuhan Listrik

2

Mengelola Kebutuhan Telp.& Internet

3

Mengelola Kebutuhan Air Minum

4

Mengelola Kebutuhan The,gula, toiletris dll

5

Mengelola Kebutuhan ATK Habis Pakai :

VII

KURIKULUM

1

Penyusunan Kurikulum 2013

2

Penyusunan Program Tahunan

3

Penyusunan Prog. Semester

4

Penyusunan Silabus

5

Penyusunan RPP

6

Penyusunan Jadwal Pelajaran

7

Penyusunan Guru Mengajar

8

Pelaksanaan KBM

9

Dauroh Qur'an

10

Pembinaan Tahfiz Qur'an

11

Penyelenggaraan English Day

12

Penyelenggaraan Arabic Day

13

Outing Class

13

Kemah Pelajar/Out Bond

14

Penilaian Harian

15

PTS

16

PAS

17

Penyerahan Rapot

18

Bimbingan Belajar

19

Ujian  Madrasah ( UM )

VIII

KESISWAAN

1

Masa Bimbingan Siswa (MOS)

2

Upacara/Muhadhoroh

3

Penyusunan Program Tatib

4

Program Pembiasaan Ibadah :

1. Sholat Berjamaah

2. Sholat Dhuha

3. Sholat Rawatib

4. Dzikir Al-Ma'tsurat

5. Puasa Sunnah

6. Infaq Pagi dan Sedekah Harian

7. Jadwal Azan dan Iqomah

8. Piket Masjid

5

Mentoring dan Kepanduan

6

Conversation

7

Muhaddatsah

8

Ekstrakulrikuler Pilihan

9

Kegiatan OSIS

10

Bulletin Madrasah

11

PHBI / PHBN

12

Inspeksi Mendadak (Sidak)

13

Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK)

14

Seminar/Pelatihan Siswa

15

Pemilihan Siswa Berprestasi

IX

SARANA DAN PRASARANA

1

Mengup-date Data Inventaris Madrasah

2

Mengajukan Sarana Pendukung KBM

3

Melengkapi Prasarana KBM

4

Perawatan dan Perbaikan Inventaris Madasah

5

Pengadaan Buku Pelajaran

6

Pengadaan Buku MOS

7

Pengadaan Buku Rapot

8

Pengadaan Map Ijazah

9

Pengadaan Buku Mutabaah Yaumiyah,

Al-Ma'tsurat,Prestasi Tahfiz,

10

Pengadaan Kartu Siswa dan Guru (ID CARD)

11

Pengadaan Seragam Siswa dan Guru

12

Pengadaan Kelengkapan KBM

13

Pengadaan Kelengkapan Kesiswaan

14

Pengadaan Kelengkapan Kepanduan

15

Pengadaan Kelengkapan Kantor

16

Pengadaan Sound Sistem

17

Pengadaan Digital Camera & Handycam

18

Pengadaan LCD

19

Pengadaan Lab. Kom/Multi Media

20

Pengadaan  Lab. Bahasa

 

 

 

 

X

HUMAS

1

Rapat Komite Kedinasan (KEMENAG, DINAS PENDIDIKAN, KKM)

2

Koordinasi Kegiatan dengan instansi tertentu

3

Rapat dengan Orang Tua Siswa

4

Seminar/Pelatihan Umum

5

Studi Banding

6

Bakti Sosial

7

Membuat Film Profil Sekolah

8

Panelisasi Foto-foto Kegiatan Sekolah

XI

PENGEMBANGAN MANAJEMEN DAN SDM

1

Rapat Kerja Awal Tahun

2

Rapat Rutin Sekolah

3

Rapat Rutin dengan Yayasan/pengasuhan

4

Menjadi anggota JSIT (Jaringan Sekolah Islam Terpadu)

5

Rapat Kenaikan Kelas

6

Rapat Kerja Akhir Tahun

7

Pelatihan Guru dan Pegawai

8

Pelaksanaan Hari Bahasa

 

 

 

 

 

 

 

BAB V

PENUTUP

 

           Al-hamdulillah dengan rahmat dan karunia Allah SWT kami dapat menyelesaikan penyusunan Program Kerja Tahunan ini. Ini merupakan sebuah cita-cita dan komitmen untuk melakukan yang terbaik dalam melaksanakan tugas-tugas kami. Kami menyadari bahwa masih banyak kekurangan yang ada pada kami, karena itu boleh jadi program kerja tahunan yang kami susun ini masih banyak pula kekurangannya dan jauh dari kesempurnaan. Oleh sebab itu kritik dan saran dari berbagai pihak kami harapkan untuk menambah pengetahuan dan wawasan kami, agar program kerja tahunan yang akan datang dapat disusun dengan lebih baik lagi.

 

Jakarta,  12 Juli  2021

Penyusun

Kepala Madrasah

 

 

 

Drs. Muslimin

NIP. 196710142007101001

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]