Post Page Advertisement [Top]

HumasKesiswaanpendidikan

PROGRAM LITERASI MADRASAH ALIYAH YAPIS AL-OESMANIYYAH MENDAPAT DUKUNGAN DARI PT GRAMEDIA

 


Jakarta, 24 September 2021

Madrasah Aliyah YAPIS Al-Oesmaniyyah terus berusaha meningkatkan kualitas pelayanan untuk peserta didiknya. Berbagai upaya baik yang bersifat perbaikan sarana dan prasarana atau perbaikan program peningkatan mutu pendidikan terus dan terus dilakukan. Salah satu program peningkatan mutu pelayanan yang berbasis kualitas mutu pendidikan adalah program gerakan literasi sekolahatau madrasah.

Gerakan Literasi Sekolah/Madrasah adalah sebuah gerakan dalam upaya menumbuhkan budi pekerti siswa yang bertujuan agar siswa memiliki budaya membaca dan menulis sehingga tercipta pembelajaran sepanjang hayat. Kegiatan rutin ini dilaksanakan untuk menumbuhkan minat baca peserta didik serta meningkatkan keterampilan membaca. Kegiatan rutin ini dilaksanakan untuk menumbuhkan minat baca peserta didik serta meningkatkan keterampilan membaca. Materi baca berisi nilai-nilai budi pekerti, berupa kearifan lokal, nasional, dan global yang disampaikan sesuai tahap perkembangan peserta didik. Tujuan umum gerakan literasi sekolah yaitu untuk menumbuhkembangkan budi pekerti peserta didik melalui pembudayaan ekosistem literasi sekolah yang diwujudkan dalam Gerakan Literasi Sekolah/Madrasah agar mereka menjadi pembelajar sepanjang hayat. Selain itu adapula tujuan khusus gerakan literasi sekolah/madrasah diantaranya yaitu:

  1. Menumbuh kembangkan budaya literasi di sekolah.
  2. Meningkatkan kapasitas warga dan lingkungan sekolah agar literat.
  3. Menjadikan sekolah sebagai taman belajar yang menyenangkan dan ramah anak agar warga sekolah mampu mengelola pengetahuan.
  4. Menjaga keberlanjutan pembelajaran dengan menghadirkan beragam buku bacaan dan mewadahi berbagai strategi membaca.

Prinsip literasi Madrasah  merupakan pedoman yang mendasari gerakan literasi madrasah. Adapun prinsip literasi madrasah adalah sebagai berikut.

  • Literasi sekolah harus disesuaikan dengan perkembangan peserta didik berdasarkan karakteristiknya.
  • Pelaksanaannya harus berimbang dengan berbagai jenis/ragam teks serta memperhatikan hal-hal yang dibutuhkan peserta didik.
  • Berlangsung secara terintegrasi dan menyeluruh untuk semua kurikulum.
  • Literasi sekolah harus dijalankan secara berkelanjutan.
  • Literasi harus disertai kegiatan kecakapan dalam berkomunikasi secara lisan.
  • Dilakukan dengan mempertimbangkan keberagaman.

 Kegiatan literasi sekolah bisa diisi secara bervariasi, bergantung pada kreativitas peserta didik, kegiatan Literasi yang ada diMadrasah Aliyah YAPIS Al-Oesmaniyyah  adalah :

  • Kegiatan wajib kunjungan ke perpustakaan
  • Pembuatan mading kelas atau sekolah setiap minggu/bulan.
  • Membaca buku non pelajaran sebelum dimulai pembelajaran.
  • Membuat pohon literasi di setiap mading kelas.
  • Kegiatan menghafal kosa kata baru dan menuliskannya dalam bentuk kalimat.
  • Mengadakan perlombaan karya literasi setiap satu semester.

Alhamdulillah program yang dirintis oleh Madrasah Aliyah YAPIS Al-Oesmaniyyah ini terus mendapat dukungan, baik dari internal madrasah maupun eksternal. Dalam kaitan ini PT Gramedia memberikan dukungan dalam bentuk bantuan rak buku sejumlah 15 buah. Humas Madrasah yang diwakili Bapak Ali Helmi, S.T menyampaikan ucapan terima kasih atas partisipasi PT Gramedia dalam peningkatan mutu pendidikan, khususnya program literasi. Secara  khusus Madrasah Aliyah YAPIS Al-Oesmaniyyah berharap bahwa kerjasama ini dapat berlanjut untuk program yang sama atau program lainnya. (Humas MA Yapis)

1 komentar:

Bottom Ad [Post Page]