Post Page Advertisement [Top]

HumasKurikulum

TIM PENGEMBANG MADRASAH: MADRASAH ALIYAH YAPIS AL-OESMANIYYAH MENYONGSONG ERA 4.0 DENGAN MEMPERSIAPKAN MADRASAH DIGITAL

 

Jakarta,  Februari 2022

Tim Pengembang Madrasah Aliyah YAPIS Al-Oesmaniyyah yang langsung dipimpin Bapak Basuki, S.Si selaku Ketua, didampingi Sekretaris Bapak Ali Helmi, S,T, Koordinator Teknis Ahmad Zaki Al Bantani, S.T dan Anggota, Bapak Dr (Cdt) Qudsi, M.Pd.I bersama-sama menyambangi pusat elektronik terbesar di Harco Mangga Dua, Jakarta Utara.


Hal ini dilakukan oleh Tim Pengembang, Koordinator Tim Teknis dan Anggota  memenuhi amanah yang ditugaskan oleh Bapak Drs. Muslimin selaku pucuk pimpinan di Madrasah Aliyah YAPIS Al-Oesmaniyyah. Kepala Madrasah mengamanahkan untuk segera mengambil tindakan dan persiapan yang kuat dalam rangka menghadapi era industri 4.0, era dimana seluruh aktivitas manusia akan berbasis IT. 


Secara singkat, Industry 4.0, dapat dijelaskan bahwa pelaku industri membiarkan komputer saling terhubung dan berkomunikasi satu sama lain untuk akhirnya membuat keputusan tanpa keterlibatan manusia. Kombinasi dari sistem fisik-cyber, Internet of Things (IoT), dan Internet of Systems membuat Industry 4.0 menjadi mungkin, serta membuat pabrik pintar menjadi kenyataan. Revolusi Industri 4.0 merupakan upaya transformasi menuju perbaikan dengan mengintegrasikan dunia online dan lini produksi di industri, di mana semua proses produksi berjalan dengan internet sebagai penopang utama.

Ahli teori pendidikan sering menyebut Pendidikan Era Revolusi Industri 4.0 untuk menggambarkan berbagai cara mengintegritaskan teknologi cyber baik secara fisik maupun non fisik dalam pembelajaran. Pendidikan Era Revolusi Industri 4.0 adalah fenomena yang merespons kebutuhan revolusi industri dengan penyesuaian kurikulum baru sesuai situasi saat ini. Kurikulum tersebut mampu membuka jendela dunia melalui genggaman contohnya memanfaatkan internet of things (IOT). Di sisi lain pengajar juga memperoleh lebih banyak referensi dan metode pengajaran. 




Madrasah Aliyah YAPIS Al-Oesmaniyyah yang merupakan bagian dari masyarakat pendidikan harus mempersiapakan diri menghadapi keharusan ini. Tim Pengembang dengan kekuatan lengkap menyambangi Pusat Elektronik terbesar di Indonesia ini dalam rangka mencari perangkat-perangkat hardware yang dibutuhkan dalam rangka digitalisasi pembelajaran di Madrasah. Dalam kesempatan ini Ketua Tim Pengembang yang didampingi oleh Sekretaris dan Koordinator Tim Teknis serta Anggota mencoba perangkat pembelajarn yang berbasis IT, yaitu perangkat TV  media yang dilengkapi layar sentuh dan perangkat CPU yang terhubung dengan internet. Media ini direncanakan akan terpasang di setiap kelas pembelajaran Madrasah Aliyah YAPIS Al-Oesmaniyyah, dengan tujuan memberikan akses yang seluas-luasnya kepada Pendidik dan Peserta Didik untuk dapat mengakses sumber belajar yang berbasis IT. (Tim Kurikulum MA YAPIS)
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]