Post Page Advertisement [Top]

ArtikelkegiatanKurikulum

MADRASAH ALIYAH YAPIS AL-OESMANIYYAH: PENDAMPINGAN EVALUASI DIRI MADRASAH DARI KEMENTRIAN AGAMA MENJADI PENYEMANGAT UNTUK PENGEMBANGAN MADRADAH HEBAT BERMARTABAT

Jakarta, 09 Maret 2021

Evaluasi Diri Madrasah (EDM) merupakan salah satu instrumen strategis yang dapat digunakan oleh setiap satuan pendidikan madrasah untuk mengetahui kondisi objektif kekuatan dan kelemahan madrasah dalam konteks pencapaian standar mutu pendidikan. Hasil EDM diharapkan dapat menjadi input penting dalam merumuskan program dan kegiatan prioritas dalam Rencana Kerja dan Anggaran Madrasah (RKAM) yang disusun oleh masing-masing madrasah setiap tahun. Dengan demikian, perencanaan dan penganggaran madrasah bukan didasarkan pada keinginan dan selera saja, melainkan didasarkan pada kebutuhan berdasarkan hasil EDM.


Kementrian Agama Kota Jakarta Utara memberikan perhatian khusus terkait pentingnya EDM, khususnya di madrasah-madrasah swata yang menjadi binaannya. Sebagaimana diketahui bahwa peningkatan mutu madrasah swasta adalah hal yang tidak bisa dikesampingkan lagi. Hal ini dikarenakan  sebagaian madrasah yang berada dalam binaan Kementrian Agama Kota Jakarta Utara adalah model madrasah yang dikelola oleh masyarakat, dengan kata lain madrasah swasta. Oleh karenanya Kementrian Agama Kota Jakarta Utara memberikan perhatian khusus dalam penyususnan EDM dengan memberikan pendampingan yang dijadwalkan secara khusus dan bergilir.

 

Madrasah Aliyah YAPIS Al-Oesmaniyyah yang merupakan salah satu bagian dari ratusan madrasah yang berada dalam binaan Kementrian Agama Kota Jakarta Utara mendapat jadwal pendampingan EDM pada hari Selasa tanggal 08 Maret 2022. Pendampingan EDM Madrasah Aliyah YAPIS Al-Oesmaniyyah  dilaksanakan oleh Bapak H. Dr. Ahdi Heryadi, M.M dan Ibu Hj, Mimi Rosmiyati, S.Pd, M.M.


Dalam pendampingan yang dilaksanakan secara santai tapi serius ini banyak masukan yang diberikan oleh Tim Pendamping, diantaranya program literasi, program jaminan sosial, program kerjasama dengan dunia usaha dan industri dan program program lain yang menuju pengembangan madrasah agar menjadi madrasah unggul, baik secara kuantitas maupun kualitas.


Secara umum Tim Pendamping EDM yang melakukan kegiatan pendampingan mulai pukul 08.00 sampai pukul 13.30 WIB, memberikan apresiasi  yang tinggi atas perkembangan Madrasah Aliyah YAPIS Al-Oesmaniyyah. Dalam sambutannya Bapak Dr. Ahdi Heryadi, M.M , yang sekaligus pengawas Madrasah Aliyah YAPIS Al-Oesmaniyyah menyampaikan keyakinannya bahwa madrasah ini akan terus mendapatkan kepercayaan dari masyarakat. "Saya mempunyai keyakinan yang mendalam bahwa ke depan Madrasah Aliyah YAPIS Al-Oesmaniyyah ini akan semakain mendapat kepercayaan dari masyarakat. Kualitas dan mutu pembelajaran yang semakin bagus, prestasi yang semakin melijit dan ditambah bangunan gedung baru yang megah akan menjadi daya tarik tersendiri.", terang Pengawas yang sudah memoles banyak madrasah di wilayah binaannya ini.

 

Apresiasi juga disampaikan oleh Ibu Hj. Mimi Rosmiyati, S.Pd, M.M yang secara detail memverifikasi intrumen-instrumen yang terkait dengan komponen-komponen pendampingan EDM madrasah. Bahkan beliau menyempatkan langsung dan memberikan arahan terkait program literasi yang sudah dimulai oleh madrasah pinggiran ini. Sepanjang  teras madrasah yang berada di lantai empat ini disajikan display sumber bacaan yang dapat diakses dengan mudah oleh seluruh peserta didik. "Saya bangga dengan program iterasi Madrasah Aliyah YAPIS Al-Oesmaniyyah yang sudah berjalan dengan baik. Mudah-mudahan dapat diperbanyak buku-buku  non teks pelajaran. Program dapat dikembangkan dalam bentuk pojok-pojok literasi yang dapat diadakan di setiap kelas. Ke depannya agar dilakukan lomba pojok literasi antar kelas", harap Ibu Hj. Mimi Rosmiyati, S.Pd. M.M.


Akhir kegiatan pendampingan ini, ditutup dengan pernyataan penutup oleh  Kepala Madrasah, Bapak Drs. Muslimin, "Mohon dimaafkan kiranya dalam penyambutan ini kami menyampaikan data apa adanya. Selama proses pendampingan jikalau ada ucap kata, tingkah laku atau pelayanan yang kurang berkenan, saya mewakili seluruh Guru dan Tendik berharap dibukakan pintu maaf selebar-lebarnya. Kami sampaikan terimakasih atas bimbingan, masukan dan koreksi atas hasil kerja Kami selama ini. Mudah-mudahan Kami dapat selalu memberikan pelayanan yang terbaik buat Peserta Didik MA YAPIS.", ucap Kepala Madrasah pinggir stasiun ini. (Humas MA YAPIS Al-Oesmaniyyah)  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]