Post Page Advertisement [Top]

ArtikelHumasPrestasi

ZAHRA AJMALIYAH SISWA MAS YAPIS AL-OESMANIYYAH: LOLOS UIN JAKARTA ILMU EKONOMI DAN STUDI PEMBANGUNAN JALUR UTBK SMM-PTN WILAYAH BARAT

 

Jakarta, 18 Juli 2022

Kabar menggembirakan sekaligus membanggakan untuk seluruh warga Madrasah Aliyah YAPIS Al-Oedsmaniyyah Jakarta Utara. Pasalnya salah satu siswa diterima di Jurusan Ilmu Ekonomi dan studi Pembangunan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, melalui Seleksi Masuk Mandiri Perguruan Tinggi Negeri (SMM-PTN) Wilayah Barat Tahun 2022.


Sebagai informasi tambahan terkait SMM-PTN Wilayah Barat, sesuai dengan pasal 3 ayat 1 Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 6 Tahun 2020 menegaskan bahwa penerimaan mahasiswa baru program sarjana (S1) pada Perguruan Tinggi Negeri (PTN) selain dilakukan melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN, dapat juga dilakukan melalui jalur lainnya yang diselenggarakan oleh masing-masing Perguruan Tinggi. Para tahun 2022, para Rektor dari 25 PTN yang tergabung dalam BKS PTN Indonesia Wilayah Barat (BKS PTN-Barat) telah sepakat untuk menyelenggarakan Seleksi Masuk Perguruan Tinggi jalur mandiri secara bersama yang dinamakan SMM PTN-BARAT 2022.

PTN yang ikut dalam penyelenggaraan SMM PTN-Barat 2022 adalah

  1. Universitas Syiah Kuala (USK),
  2. Universitas Jambi (UNJA),
  3. Universitas Lampung (Unila),
  4. Universitas Bengkulu (UNIB),
  5. Institut Seni Indonesia (ISI) Padang Panjang,
  6. Universitas Palangka Raya (UPR),
  7. Universitas Malikussaleh (Unimal),
  8. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA),
  9. Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH),
  10. Universitas Bangka Belitung (UBB),
  11. Universitas Teuku Umar (UTU),
  12. Institut Teknologi Sumatera (ITERA),
  13. Institut Seni dan Budaya Indonesia (ISBI) Aceh,
  14. Universitas Samudra (Unsam),
  15. Universitas Riau (UNRI),
  16. Universitas Siliwangi (UNSIL),
  17. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah (UIN Jakarta),
  18. Universitas Sumatera Utara (USU),
  19. Universitas Andalas (UNAND),
  20. Universitas Negeri Padang (UNP),
  21. Universitas Tanjungpura (UNTAN),
  22. Institut Pertanian Bogor (IPB),
  23. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau (UIN Suska Riau),
  24. Institut Agama Islam Negeri Batusangkar (IAIN Batusangkar),
  25. dan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Penyelenggaraan SMMPTN-Barat 2022 didasarkan kepada Surat Keputusan Ketua BKS PTN Indonesia Wilayah Barat Nomor:22-01/BKS PTN-Barat/II/2022 tanggal 7 Februari 2022 tentang Perguruan Tinggi Peserta Program SMM PTN-Barat 2022 dan Surat Keputusan Ketua BKS PTN-Barat Nomor:22-02/BKS PTN-Barat/II/2022 tentang Panitia Program SMM PTN-Barat 2022. Agar pelaksanaan SMM PTN-Barat 2022 dapat berjalan lancar, maka Panitia menyusun Pedoman Operasional Baku (POB) dengan mempertimbangkan hasil evaluasi pelaksanaan SMM PTN-Barat 2021 tahun lalu. Penyusunan POB ini banyak mengambil terminologi dari POB Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2022. POB SMM PTN-Barat 2022 ini adalah revisi kelima yang merupakan penyempurnaan dari POB SMM PTN-Barat tahun sebelumnya yang digunakan sebagai acuan bagi semua pihak yang terlibat dan bertanggung jawab atas pelaksanaan SMM PTN-Barat 2022. Hal ini penting agar kepercayaan masyarakat terhadap Perguruan Tinggi Negeri tetap terjaga.

Zahra panggilan akrab siswi XII IPS ini sebelumnya sudah diterima di Jurusan Ekonomi Islam Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang melalui jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN PTKIN) secara nasional. Kegigihannya untuk mendapatkan tempat pendidikan yang sesuai dengan cita-citanya akhirnya terkabul atas ijin Allah, Zahra dapat mengalahkan ratusan bahkan ribuan pendaftar yang hanya merebutkan 6 kursi saja.

Ucapan Selamat dan Sukses langsung disampaikan oleh Ketua Tim Pengembang Madrasah Pinggiran Teluk Jakarta ini. Bapak Basuki, S.Si mewakili Kepala Madrasah dan seluruh Dewan Guru dan Tenaga kependidikan  menyampaikan kebahagiaanya atas keberhasilan ini. Mudah-mudahan dapat memberikan inpirasi positif kepada adik-adik kelasnya.

Keberhasilan Zahra menambah tiket PTN/PTKIN yang telah diperoleh oleh siswa Madrasah Aliyah YAPIS Al-Oesmaniiyyah Jakarta. Sebelumnya sudah 52 tiket masuk PTN/PTKIN berhasil didapatkan dari berbagai jalur diantaranya, PMDK, SNMPTN, SPAN-PTKIN,SBMPTN, UMPTKIN, UJIAN CBT MANDIRI dan SMM-PTN Wilayah Barat yang diikuti oleh Zahra. (Humas MA YAPIS Al-Oesmaniyyah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]