Post Page Advertisement [Top]

ArtikelHumasKurikulum

MADRASAH ALIYAH YAPIS AL-OESMANIYYAH MELAKSANAKAN PENILAIAN KINERJA GURU TAHUN 2022


Jakarta, 14 November 2022

Penilaian Kinerja Guru (PKG) merupakan rangkaian kegiatan penilaian kinerja guru berdasarkan Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya dan Buku 2 Pedoman Pengelolaan Penilaian Kinerja Guru.  Penilaian Kinerja Guru (PKG) Tahun 2022 harus dilaksanakan akhir tahun 2022. 


Penilaian kinerja guru (PKG) Madrasah ditetapkan berdasarkan Perdirjen Pendis No. 1843 Tahun 2021. Petunjuk Teknis Penilaian Kinerja Guru (PKG) ditetapkan sebagai tindak lanjut dari Pasal 12 ayat 6 di Peraturan Menteri Agama (PMA) No. 38 Tahun 2018. PMA yang mengatur Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru Madrasah.



Dimana PKG merupakan salah satu alat ukur yang menentukan kebutuhan individu guru dalam melaksanakan PKB. Karena kebutuhan guru adalah Dasar utama pelaksanaan PKB guru, selain kebutuhan peserta didik, madrasah, penyelenggara pendidikan/yayasan, dan pemerintah. Pengertian dari PKG adalah penilaian dari tiap butir kegiatan tugas utama guru dalam rangka pembinaan karier, kepangkatan, dan jabatannya.(Permenpan RB No. 16 Tahun 2009)

PKG madrasah dilaksanakan dengan tujuan sebagai berikut.

  1. Menilai kemampuan guru dalam menerapkan semua kompetensi
    yang diperlukan pada proses pembelajaran, pembimbingan, atau pelaksanaan tugas tambahan yang relevan dengan fungsi madrasah.
  2. Menjamin bahwa guru melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya secara profesional.
  3. Menentukan persentase perolehan hasil penilaian kinerja untuk perhitungan angka kredit yang diperoleh guru atas kinerja pembelajaran, pembimbingan, atau pelaksanaan tugas tambahan yang relevan dengan fungsi madrasah yang dilakukannya pada tahun
    berjalan.
  4. Menjadi dasar untuk menyusun program pengembangan keprofesian berkelanjutan sebagai guru profesional.
Madrasah Aliyah YAPIS Al-Oesmaniyyah merupakan salah satu elemen satuan pendidikan yang langsung mendapatkan monitoring dan pembinaan dari Kementrian Agama, melalui Kementrian Agama Kota Jakarta Utara, turut serta dalam mensukseskan program-program kementrian, diantaranya adalah Penilaian Kinerja Guru (PKG) dalam rangka menyusun Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB), dilakukan setiap akhir tahun.

Kepala Madrasah Aliyah YAPIS Al-Oesmaniyyah menyampaikan harapan kepada seluruh guru yang telah dilakukan supervisi, untuk selalu mempertahankan keberhasilan yang baik, meningkatkan kulaitas pembelajran dan administrasi guru. Bagi rekan guru yang harus mendapatkan koreksi dan perbaikan, jangan berkecil hati. Ada media untuk selalu mengaktualisasikan diri baik melalui In House Training (IHT), Work Shop, Diklat, Seminar dan beraktifitas dalam forum MGMP, forum komunitas guru dan media lainnya.

Berikut dilampirkan domumentasi terkait pelaksanaan supervisi perangkat pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran Madrasah Aliyah YAPIS Al-Oesmaniyyah Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2022-2023.

INSTRUMEN SUPERVISI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

MADRASAH ALIYAH YAPIS AL-OESMANIYYAH SEMESTER GANJIL

TAHUN PELAJARAN 2023 – 2023

 

Sekolah                                   : MA YAPIS Al-Oesmaniyyah

Nama Guru                             : ..............................................

Kelas/Semester                      : ..............................................

Mata pelajaran                        : ..............................................

Pembelajaran                          : ..............................................

Alokasi Waktu                         : ..............................................

                        Hari/Tanggal Supervisi           : ..............................................

 

 

No.

Aspek

Kondisi

Deskripsi

Ada

Tidak Ada

A

Kegiatan Pendahuluan

1

Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran; antara lain dengan cara membangun sikap religiositas sesuai dengan ajaran agama yang dianutnya

2

Memotivasi peserta didik untuk belajar secara kontekstual sesuai manfaat dan aplikasi materi ajar dalam kehidupan sehari-hari

3

Melakukan apersepsi dengan cara menghubungkan materi pembelajaran dengan pengalaman peserta didik

4

Menyampaikan tujuan pembelajaran dan komptensi dasar yang akan dicapai oleh peserta didik

5

Menyampaikan langkah-langkah  kegiatan pembelajaran dan kompetensi yang akan dinilai yang mencerminkan penguatan nilai karakter

B

Kegiatan Inti

B1

Penguasaan Materi Pembelajaran

6

Kemampuan menyesuaikan materi dengan tujuan pembelajaran

7

Kemampuan mengaitkan materi dengan pengetahuan lain yang diintegrasikan secara relevan dengan perkembangan iptek dan kehidupan nyata

8

Menyajikan pembahasan materi pembelajaran dengan tepat dan lengkap sesuai dengan konsep yang benar dan yang mencerminkan penguatan nilai karakter


INSTRUMEN SUPERVISI ADMINISTRASI PERANGKAT PEMBELAJARAN

MADRASAH ALIYAH YAPIS AL-OESMANIYYAH SEMESTER GANJIL

TAHUN PELAJARAN 2022 – 2023

 

Nama Sekolah                       : MA YAPIS Al-Oesmaniyyah

Nama Guru                            : ..........................................

Pangkat/Golongan                 : ..........................................

Mata Pelajaran                       : ..........................................

Jumlah Jam Tatap Muka       : ..........................................

Semester/Kelas                     : ..........................................

Tahun Ajaran                         : 2022 – 2023

 

No.

Komponen Perangkat Pembelajaran

Kondisi

Skor

Keterangan Ketercapaian

Ada

Tidak

4

3

2

1

1

Program Tahunan

 

 

 

 

 

 

4 = sangat baik

3 = baik

2 = cukup

1 = kurang

 

2

Program Semester

 

 

 

 

 

 

3

Silabus

 

 

 

 

 

 

4

RPP

 

 

 

 

 

 

5

Kalender Pendidikan

 

 

 

 

 

 

6

Jadwal Pelajaran

 

 

 

 

 

 

7

Agenda Harian/Jurnal

 

 

 

 

 

 

8

Daftar Nilai: sikap, pengetahuan dan keterampilan

 

 

 

 

 

 

9

KKM

 

 

 

 

 

 

10

Presensi/Daftar Hadir Siswa

 

 

 

 

 

 

11

Buku Pedoman Guru

 

 

 

 

 

 

12

Analisis Materi Buku Teks Pelajaran

 

 

 

 

 

 

 

Keterangan :

Nilai akhir  =

skor perolehan

x 100%

skor maksimal

Ketercapaian : 

Predikat

Skor

Keterangan

Amat baik (A)

90 - 100

apabila ada 11-12 komponen Administrasi Pembelajaran

Baik (B)

80 - 89

apabila ada 9 -10 komponen Akademik Pembelajaran

Cukup (C)

70 - 79

apabila ada 7 - 8 komponen Akademik Pembelajaran

Kurang (K)

< 70

apabila ada 6 komponen Akademik Pembelajaran

                                                                                   Jakarta,   November   2022

Guru Mata Pelajaran                                                 Kepala Sekolah,

 

 

 

 

 

.........................................                                           Drs. Muslimin

NIP.                                                                             NIP. 19671014 200710 1001



INSTRUMEN SUPERVISI TELAAH RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

MADRASAH ALIYAH YAPIS AL-OESMANIYYAH SEMESTER GANJIL

TAHUN PELAJARAN 2022 – 2023

 

Nama Sekolah                       : MA YAPIS Al-Oesmaniyyah

Nama Guru                            : ..........................................

Pangkat/Golongan                 : ..........................................

Mata Pelajaran                       : ..........................................

Semester/Kelas                     : ..........................................

Tahun Ajaran                         : 2022 – 2023

No.

Komponen/Aspek

Hasil Telaah

Catatan

Tidak Ada/ Tidak Sesuai

(0)

Kurang Lengkap/ Kurang Sesuai

(1)

Lengkap/ Sesuai

 

 

(2)

A

Identitas RPP

 

 

 

 

1

Terdapat: nama satuan pendidikan, kelas/semester, mata pelajaran, materi pokok, alokasi waktu

 

 

 

 

B

Komponen Utama RPP

 

 

 

 

2

Minimal memuat 8 komponen utama dan lampiran pendukung RPP: (a) KI; (b) KD dan IPK; (c) Tujuan Pembelajaran; (d) Materi Pembelajaran; (e) Metode Pembelajaran; (f) Media/Alat/Bahan Pembelajaran dan Sumber Belajar; (g) Langkah-langkah Pembelajaran; (h) Penilaian Hasil Belajar; (i) Lampiran pendukung RPP (materi pembelajaran, instrumen penilaian, dll)

 

 

 

 

C

Kelengkapan Komponen RPP

 

 

 

 

C1

Rumusan KI, KD, dan IPK

 

 

 

 

3

Mencakup KI 1, KI 2, KI 3, dan KI 4 sesuai dengan rumusan pada Permendikbud No 21 Tahun 2023

 

 

 

 

4

Kompetensi Dasar (KD) mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan (khusus PPKn dan PABP) sedangkan mata pelajaran lain mencakup pengetahuan dan keterampilan yang dikutib dari Permendikbud No. 24 Tahun 2023

 

 

 

 

5

Menjabarkan IPK berdasarkan KD dari KI 3, KD dari KI 4, KD dari KI 1 dan  KD dari KI 2 (khusus PPKn dan PABP) sedangkan mata pelajaran lain KD dari KI 3 dan KD dari KI 4.

 

 

 

 

6

IPK disusun menggunakan kata kerja operasional yang dapat diukur/dilakukan penilaian sesuai dengan karakteristik mata pelajaran.

 

 

 

 

7

IPK dari KD pengetahuan menggambarkan dimensi proses kognitif dan dimensi pengetahuan meliputi faktual, konseptual, prosedura, dan/atau metakognitif

 

 

 

 

8

IPK dari KD keterampilan memuat keterampilan abstrak dan/atau ketrampilan konkret

 

 

 

 

C2

Rumusan Tujuan Pembelajaran

 

 

 

 

9

Mencerminkan pencapaian kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan

 

 

 

 

10

Memberikan penguatan karakter melalui kegiatan berliterasi dan pembelajaran abad 21

 

 

 

 

11

Memberikan gambaran pencapaian hasil pembelajaran

 

 

 

 

12

Dituangkan dalam bentuk deskripsi, memuat kompetensi yang hendak dicapai oleh peserta didik

 

 

 

 

C3

Materi Pembelajaran

 

 

 

 

13

Materi pembelajaran, memuat fakta, konsep/prinsip, dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator ketercapaian kompetensi

 

 

 

 

14

Cakupan materi sesuai dengan alokasi waktu yang ditetapkan

 

 

 

 

15

Mengakomodasi muatan lokal dapat berupa keunggulan lokal, kearifan lokal, kekinian dll yang sesuai dengan cakupan materi pada KD pengetahuan

 

 

 

 

C4

Metode Pembelajaran

 

 

 

 

16

Menggunakan pendekatan ilmiah dan/atau pendekatan lain yang relevan dengan karakteristik masing-masing mata pelajaran.

 

 

 

 

17

Menerapkan pembelajaran aktif yang bermuara pada pengembangan HOTS

 

 

 

 

18

Menggambarkan sintaks/tahapan yang jelas (apabila menggunakan model pembelajaran tertentu).

 

 

 

 

19

Sesuai dengan tujuan pembelajaran

 

 

 

 

20

Menggambarkan proses pencapaian kompetensi 

 

 

 

 

C5

Media Pembelajaran dan Sumber Belajar

 

 

 

 

21

Mendukung pencapaian kompetensi dan pembelajaran aktif dengan pendekatan ilmiah

 

 

 

 

22

Sesuai dengan karakterisitik peserta didik

 

 

 

 

23

Sumber belajar yang digunakan mencakup multimoda antara lain bahan cetak, elektronik, alam dan sumber belajar lainnya

 

 

 

 

C6

Langkah kegiatan pembelajaran

 

 

 

 

24

Memuat kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup

 

 

 

 

 

Kegiatan pendahuluan

 

 

 

 

25

Kegiatan pendahuluan memuat :

pengkondisian  peserta didik, penguatan karakter di tingkat sekolah (habituasi), apersepsi, penyampaian tujuan pembelajaran, kegiatan dan penilaian yang akan dilakukan

 

 

 

 

 

Kegiatan Inti memuat:

 

 

 

 

26

Bentuk kegiatan pembelajarannya berupa pembelajaran aktif  (active learning) dengan menggunakan berbagai model dan/atau metode pembelajaran dengan pendekatan ilmiah maupun pendekatan lain yang relevan.

 

 

 

 

27

 

Sesuai dengan model dan/atau metode pembelajaran yang digunakan

 

 

 

 

28

 

Menggambarkan tahapan kegiatan yang runut dan sistematik (dari LOTS menuju HOTS)

 

 

 

 

29

Menumbuhkan kegiatan berliterasi.

 

 

 

 

30

 

Menggambarkan proses pembelajaran yang menimbulkan interaksi multi-arah, antar peserta didik, interaksi peserta didik dengan guru, dan interaksi dengan bahan/alat/lingkungan belajar

 

 

 

 

31

 

Menggambarkan proses pembelajaran yang menyenangkan, menantang dan memotivasi peserta didik

 

 

 

 

32

 

Menggambarkan gradasi pencapaian kompetensi dalam pembelajaran

 

 

 

 

33

 

Memperkuat PPK di tingkat kelas berkaitan dengan karakter  seperti religiositas, nasionalisme, kemandirian, gotong royong, dan integritas. dan lain-lain

 

 

 

 

34

Kegiatan pembelajarannya mendidik dan dialogis yang bermuara pada berkembangnya karakter dan Higher Order Thinking Skills (HOTs) atau Keterampilan  Berpikir Tingkat Tinggi peserta didik.

 

 

 

 

35

 

Mendorong berkembangnya keterampilan hidup abad 21 yaitu berikir kritis, berkreasi, berkolaborasi, dan berkomuniaksi dalam kegiatan pembelajaran. 

 

 

 

 

 

Kegiatan penutup memuat:

 

 

 

 

36

 

Rangkuman, kesimpulan, refleksi, penilaian dan tindak lanjut penilaian, termasuk mengaitkan hasil pembelajaran dengan kehiduoan sehari-hari dalam rangka  penguatan karakter di tingkat masyarakat

 

 

 

 

37

Penyampaian pencapaian KD dari KI 3 dan KD dari KI 4 ,dan pencapaian  tujuan pembelajaran

 

 

 

 

C7

Penilaian Hasil Belajar

 

 

 

 

38

Memuat rancangan penilaian

 

 

 

 

39

Memuat jenis/tehnik penilaian, bentuk penilaian, instrumen dan pedoman penskoran

 

 

 

 

40

Mencakup penilaian pengetahuan, keterampilan, dan sikap khusus pada mata pelajaran PPKN dan PABP, sedangkan mapel lain membuat catatan sikap siswa pada jurnal penialian sikap

 

 

 

 

41

Sesuai dengan kompetensi (IPK dan/atau KD)

 

 

 

 

42

Sesuai dengan kegiatan yang dilakukan dalam pembelajaran

 

 

 

 

43

Sesuai materi pembelajaran

 

 

 

 

44

Memuat soal HOTS dan soal-soal keterampilan khusus mata pelajaran (misalnya Agama, Seni Budaya, Bahasa, dll)

 

 

 

 

 

JUMLAH

 

 

 

 

Keterangan:

1.   Nilai =

skor yang diperoleh

x 100

=

skor yang diperoleh

x 100

skor maksimum

88

2.   Predikat:

 

Predikat

Skor

Keterangan

A (Baik Sekali)

N > 81

Dapat digunakan untuk contoh bagi guru lain

B (Baik)

71 N 80

Dapat digunakan untuk contoh bagi guru lain dengan perbaikan pada bagian-bagian tertentu

C (Cukup)

N < 71

Perlu pembinaan

     

                                                                                       

                                                                                                   Jakarta,   November   2022

Guru Mata Pelajaran                                                 Kepala Sekolah,

 

                                                                                                       

 

 

 .........................................                                           Drs. Muslimin

               NIP.                                                                             NIP. 19671014 200710 1001


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]