Jakarta, 14 November 2022
Penilaian Kinerja Guru (PKG) merupakan rangkaian kegiatan penilaian kinerja guru berdasarkan Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya dan Buku 2 Pedoman Pengelolaan Penilaian Kinerja Guru. Penilaian Kinerja Guru (PKG) Tahun 2022 harus dilaksanakan akhir tahun 2022.
Penilaian kinerja guru (PKG) Madrasah ditetapkan berdasarkan Perdirjen Pendis No. 1843 Tahun 2021. Petunjuk Teknis Penilaian Kinerja Guru (PKG) ditetapkan sebagai tindak lanjut dari Pasal 12 ayat 6 di Peraturan Menteri Agama (PMA) No. 38 Tahun 2018. PMA yang mengatur Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru Madrasah.
Dimana PKG merupakan salah satu alat ukur yang menentukan kebutuhan individu guru dalam melaksanakan PKB. Karena kebutuhan guru adalah Dasar utama pelaksanaan PKB guru, selain kebutuhan peserta didik, madrasah, penyelenggara pendidikan/yayasan, dan pemerintah. Pengertian dari PKG adalah penilaian dari tiap butir kegiatan tugas utama guru dalam rangka pembinaan karier, kepangkatan, dan jabatannya.(Permenpan RB No. 16 Tahun 2009)
PKG madrasah dilaksanakan dengan tujuan sebagai berikut.
- Menilai kemampuan guru dalam menerapkan semua kompetensi
yang diperlukan pada proses pembelajaran, pembimbingan, atau pelaksanaan tugas tambahan yang relevan dengan fungsi madrasah. - Menjamin bahwa guru melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya secara profesional.
- Menentukan persentase perolehan hasil penilaian kinerja untuk perhitungan angka kredit yang diperoleh guru atas kinerja pembelajaran, pembimbingan, atau pelaksanaan tugas tambahan yang relevan dengan fungsi madrasah yang dilakukannya pada tahun
berjalan. - Menjadi dasar untuk menyusun program pengembangan keprofesian berkelanjutan sebagai guru profesional.
INSTRUMEN SUPERVISI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
MADRASAH ALIYAH YAPIS AL-OESMANIYYAH SEMESTER GANJIL
TAHUN PELAJARAN 2023 – 2023
Sekolah :
MA
YAPIS Al-Oesmaniyyah
Nama Guru :
..............................................
Kelas/Semester :
..............................................
Mata pelajaran : ..............................................
Pembelajaran :
..............................................
Alokasi Waktu :
..............................................
Hari/Tanggal Supervisi : ..............................................
No. |
Aspek |
Kondisi |
Deskripsi |
|
Ada |
Tidak Ada |
|||
A |
Kegiatan Pendahuluan |
|||
1 |
Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik
untuk mengikuti proses pembelajaran; antara
lain dengan cara membangun sikap religiositas sesuai dengan ajaran agama yang
dianutnya |
|||
2 |
Memotivasi peserta didik
untuk belajar secara kontekstual sesuai manfaat dan aplikasi materi ajar dalam
kehidupan sehari-hari |
|||
3 |
Melakukan apersepsi dengan cara menghubungkan
materi pembelajaran dengan pengalaman peserta didik |
|||
4 |
Menyampaikan tujuan
pembelajaran dan komptensi dasar yang akan dicapai oleh
peserta didik |
|||
5 |
Menyampaikan langkah-langkah kegiatan pembelajaran dan kompetensi
yang akan dinilai yang mencerminkan penguatan nilai karakter |
|||
B |
Kegiatan Inti |
|||
B1 |
Penguasaan Materi Pembelajaran |
|||
6 |
Kemampuan menyesuaikan materi dengan tujuan
pembelajaran |
|||
7 |
Kemampuan mengaitkan materi dengan pengetahuan
lain yang diintegrasikan secara relevan dengan perkembangan iptek dan kehidupan nyata |
|||
8 |
Menyajikan pembahasan materi pembelajaran
dengan tepat dan lengkap sesuai dengan konsep yang benar dan yang mencerminkan
penguatan nilai karakter |
INSTRUMEN SUPERVISI ADMINISTRASI PERANGKAT PEMBELAJARAN
MADRASAH ALIYAH YAPIS AL-OESMANIYYAH SEMESTER GANJIL
TAHUN PELAJARAN 2022 – 2023
Nama Sekolah : MA YAPIS Al-Oesmaniyyah
Nama Guru : ..........................................
Pangkat/Golongan :
..........................................
Mata Pelajaran :
..........................................
Jumlah Jam Tatap Muka :
..........................................
Semester/Kelas :
..........................................
Tahun Ajaran : 2022 – 2023
No. |
Komponen
Perangkat Pembelajaran |
Kondisi |
Skor |
Keterangan Ketercapaian |
||||
Ada |
Tidak |
4 |
3 |
2 |
1 |
|||
1 |
Program Tahunan |
|
|
|
|
|
|
4 = sangat baik 3 = baik 2 = cukup 1 = kurang
|
2 |
Program Semester |
|
|
|
|
|
|
|
3 |
Silabus |
|
|
|
|
|
|
|
4 |
RPP |
|
|
|
|
|
|
|
5 |
Kalender Pendidikan |
|
|
|
|
|
|
|
6 |
Jadwal Pelajaran |
|
|
|
|
|
|
|
7 |
Agenda Harian/Jurnal |
|
|
|
|
|
|
|
8 |
Daftar
Nilai: sikap, pengetahuan dan keterampilan |
|
|
|
|
|
|
|
9 |
KKM |
|
|
|
|
|
|
|
10 |
Presensi/Daftar Hadir Siswa |
|
|
|
|
|
|
|
11 |
Buku Pedoman Guru |
|
|
|
|
|
|
|
12 |
Analisis
Materi Buku Teks Pelajaran |
|
|
|
|
|
|
Keterangan : |
Nilai akhir = |
skor perolehan |
x 100% |
skor maksimal |
Ketercapaian :
Predikat |
Skor |
Keterangan |
Amat baik (A) |
90 - 100 |
apabila
ada 11-12 komponen Administrasi Pembelajaran |
Baik (B) |
80 - 89 |
apabila
ada 9 -10 komponen Akademik Pembelajaran |
Cukup (C) |
70 - 79 |
apabila
ada 7 - 8 komponen Akademik Pembelajaran |
Kurang (K) |
< 70 |
apabila
ada ≤ 6 komponen Akademik Pembelajaran |
Jakarta, November
2022
Guru Mata Pelajaran Kepala
Sekolah,
......................................... Drs. Muslimin
NIP. NIP.
19671014 200710 1001
INSTRUMEN
SUPERVISI TELAAH RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
MADRASAH ALIYAH YAPIS AL-OESMANIYYAH SEMESTER GANJIL
TAHUN PELAJARAN 2022 – 2023
Nama Sekolah : MA YAPIS Al-Oesmaniyyah
Nama Guru : ..........................................
Pangkat/Golongan :
..........................................
Mata Pelajaran :
..........................................
Semester/Kelas : ..........................................
Tahun Ajaran : 2022 – 2023
No. |
Komponen/Aspek |
Hasil Telaah |
Catatan |
||
Tidak Ada/ Tidak Sesuai (0) |
Kurang Lengkap/ Kurang Sesuai (1) |
Lengkap/ Sesuai
(2) |
|||
A |
Identitas RPP |
|
|
|
|
1 |
Terdapat: nama satuan pendidikan, kelas/semester,
mata pelajaran, materi pokok, alokasi waktu |
|
|
|
|
B |
Komponen Utama RPP |
|
|
|
|
2 |
Minimal memuat 8 komponen utama dan lampiran
pendukung RPP: (a) KI; (b) KD dan IPK; (c) Tujuan Pembelajaran; (d) Materi
Pembelajaran; (e) Metode Pembelajaran; (f) Media/Alat/Bahan Pembelajaran dan
Sumber Belajar; (g) Langkah-langkah Pembelajaran; (h) Penilaian Hasil
Belajar; (i) Lampiran pendukung RPP (materi pembelajaran, instrumen
penilaian, dll) |
|
|
|
|
C |
Kelengkapan Komponen RPP |
|
|
|
|
C1 |
Rumusan KI, KD, dan IPK |
|
|
|
|
3 |
Mencakup KI 1, KI 2, KI 3, dan KI 4 sesuai dengan
rumusan pada Permendikbud No 21 Tahun 2023 |
|
|
|
|
4 |
Kompetensi Dasar (KD) mencakup sikap,
pengetahuan, dan keterampilan (khusus PPKn dan PABP) sedangkan mata pelajaran
lain mencakup pengetahuan dan keterampilan yang dikutib dari Permendikbud No.
24 Tahun 2023 |
|
|
|
|
5 |
Menjabarkan IPK berdasarkan KD dari KI 3, KD dari
KI 4, KD dari KI 1 dan KD dari KI 2
(khusus PPKn dan PABP) sedangkan mata pelajaran lain KD dari KI 3 dan KD dari
KI 4. |
|
|
|
|
6 |
IPK disusun menggunakan kata kerja operasional
yang dapat diukur/dilakukan penilaian sesuai dengan karakteristik mata
pelajaran. |
|
|
|
|
7 |
IPK dari KD pengetahuan menggambarkan dimensi
proses kognitif dan dimensi pengetahuan meliputi faktual, konseptual,
prosedura, dan/atau metakognitif |
|
|
|
|
8 |
IPK dari KD keterampilan memuat keterampilan
abstrak dan/atau ketrampilan konkret |
|
|
|
|
C2 |
Rumusan Tujuan Pembelajaran |
|
|
|
|
9 |
Mencerminkan pencapaian kompetensi sikap,
pengetahuan, dan keterampilan |
|
|
|
|
10 |
Memberikan penguatan karakter melalui
kegiatan berliterasi dan pembelajaran abad 21 |
|
|
|
|
11 |
Memberikan gambaran pencapaian hasil pembelajaran
|
|
|
|
|
12 |
Dituangkan dalam bentuk deskripsi, memuat
kompetensi yang hendak dicapai oleh peserta didik |
|
|
|
|
C3 |
Materi Pembelajaran |
|
|
|
|
13 |
Materi
pembelajaran, memuat fakta, konsep/prinsip, dan prosedur yang relevan, dan
ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator ketercapaian
kompetensi |
|
|
|
|
14 |
Cakupan materi sesuai dengan alokasi waktu yang
ditetapkan |
|
|
|
|
15 |
Mengakomodasi muatan lokal dapat berupa
keunggulan lokal, kearifan lokal, kekinian dll yang sesuai dengan cakupan
materi pada KD pengetahuan |
|
|
|
|
C4 |
Metode
Pembelajaran |
|
|
|
|
16 |
Menggunakan
pendekatan ilmiah dan/atau pendekatan lain yang relevan dengan karakteristik
masing-masing mata pelajaran. |
|
|
|
|
17 |
Menerapkan
pembelajaran aktif yang bermuara pada pengembangan HOTS |
|
|
|
|
18 |
Menggambarkan
sintaks/tahapan yang jelas (apabila menggunakan model pembelajaran tertentu). |
|
|
|
|
19 |
Sesuai
dengan tujuan pembelajaran |
|
|
|
|
20 |
Menggambarkan
proses pencapaian kompetensi |
|
|
|
|
C5 |
Media Pembelajaran dan Sumber Belajar |
|
|
|
|
21 |
Mendukung
pencapaian kompetensi dan pembelajaran aktif dengan pendekatan ilmiah |
|
|
|
|
22 |
Sesuai dengan karakterisitik peserta didik |
|
|
|
|
23 |
Sumber belajar yang digunakan mencakup multimoda
antara lain bahan cetak, elektronik, alam dan sumber belajar lainnya |
|
|
|
|
C6 |
Langkah
kegiatan pembelajaran |
|
|
|
|
24 |
Memuat kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan
penutup |
|
|
|
|
|
Kegiatan
pendahuluan |
|
|
|
|
25 |
Kegiatan
pendahuluan memuat : pengkondisian peserta didik, penguatan karakter di
tingkat sekolah (habituasi), apersepsi, penyampaian tujuan pembelajaran,
kegiatan dan penilaian yang akan dilakukan |
|
|
|
|
|
Kegiatan Inti
memuat: |
|
|
|
|
26 |
Bentuk
kegiatan pembelajarannya berupa pembelajaran aktif (active
learning) dengan menggunakan berbagai model dan/atau metode pembelajaran
dengan pendekatan ilmiah maupun pendekatan lain yang relevan. |
|
|
|
|
27
|
Sesuai
dengan model dan/atau metode pembelajaran yang digunakan |
|
|
|
|
28
|
Menggambarkan
tahapan kegiatan yang runut dan sistematik (dari LOTS menuju HOTS) |
|
|
|
|
29 |
Menumbuhkan
kegiatan berliterasi. |
|
|
|
|
30
|
Menggambarkan
proses pembelajaran yang menimbulkan interaksi multi-arah, antar peserta
didik, interaksi peserta didik dengan guru, dan interaksi dengan
bahan/alat/lingkungan belajar |
|
|
|
|
31
|
Menggambarkan proses
pembelajaran yang menyenangkan, menantang dan memotivasi peserta didik |
|
|
|
|
32
|
Menggambarkan
gradasi pencapaian kompetensi dalam pembelajaran |
|
|
|
|
33
|
Memperkuat PPK di tingkat
kelas berkaitan dengan karakter
seperti religiositas, nasionalisme, kemandirian, gotong royong, dan
integritas. dan lain-lain |
|
|
|
|
34 |
Kegiatan pembelajarannya
mendidik dan dialogis yang bermuara pada berkembangnya karakter dan Higher Order Thinking Skills (HOTs) atau Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi peserta didik. |
|
|
|
|
35
|
Mendorong
berkembangnya keterampilan hidup abad 21 yaitu berikir kritis, berkreasi,
berkolaborasi, dan berkomuniaksi dalam kegiatan pembelajaran. |
|
|
|
|
|
Kegiatan
penutup memuat: |
|
|
|
|
36
|
Rangkuman, kesimpulan, refleksi, penilaian dan tindak lanjut penilaian,
termasuk mengaitkan hasil pembelajaran dengan kehiduoan sehari-hari dalam
rangka penguatan karakter di tingkat
masyarakat |
|
|
|
|
37 |
Penyampaian pencapaian KD dari KI 3 dan KD dari KI 4 ,dan
pencapaian tujuan pembelajaran |
|
|
|
|
C7 |
Penilaian
Hasil Belajar |
|
|
|
|
38 |
Memuat rancangan penilaian |
|
|
|
|
39 |
Memuat jenis/tehnik penilaian, bentuk penilaian,
instrumen dan pedoman penskoran |
|
|
|
|
40 |
Mencakup penilaian pengetahuan, keterampilan, dan
sikap khusus pada mata pelajaran PPKN dan PABP, sedangkan mapel lain membuat
catatan sikap siswa pada jurnal penialian sikap |
|
|
|
|
41 |
Sesuai dengan kompetensi (IPK dan/atau KD) |
|
|
|
|
42 |
Sesuai dengan kegiatan yang dilakukan dalam
pembelajaran |
|
|
|
|
43 |
Sesuai materi pembelajaran |
|
|
|
|
44 |
Memuat soal HOTS dan soal-soal keterampilan
khusus mata pelajaran (misalnya Agama, Seni Budaya, Bahasa, dll) |
|
|
|
|
|
JUMLAH |
|
|
|
|
Keterangan:
1. Nilai
= |
skor yang diperoleh |
x 100 |
= |
skor yang diperoleh |
x 100 |
skor maksimum |
88 |
2. Predikat:
Predikat |
Skor |
Keterangan |
A (Baik Sekali) |
N > 81 |
Dapat digunakan untuk contoh bagi guru lain |
B (Baik) |
71 ≤ N ≤ 80 |
Dapat digunakan untuk contoh bagi guru lain dengan perbaikan pada
bagian-bagian tertentu |
C (Cukup) |
N < 71 |
Perlu pembinaan |
Jakarta, November 2022
Guru
Mata Pelajaran Kepala
Sekolah,
......................................... Drs. Muslimin
NIP. NIP. 19671014 200710 1001
Tidak ada komentar:
Posting Komentar